Video Permainan Rakyat

06 Juni 2010

Engklek


Permainan Engklek mungkin tidak asing lagi di telinga kita.
Cara memainkannya adalah, pertama membuat arena bermain terlebih dahulu dengan cara membuatengklek petak-petak menyerupai palang merah yang dibagi-bagi menjadi 5 kotak dan ditambah 2 kotak sebagai tangga, kemudian cari alat pendukung. Alat pendukung yang dibutuhkan adalah pecahan genting atau batu sebagai umpan. Umpan ini dalam bahasa Jawa biasa disebut ‘gacuk’. Permainan ini juga merupakan permainan kelompok, yang seru dalam permainan ini adalah ketika kelompok yang kalah harus mendapat hukuman menggendong kelompok yang menang. Pemain yang menang dalam undian suit berkesempatan bermain lebih dahulu. Pemain tersebut melempar gacuk ke dalam kotak pertama pada area permainan yang berbentuk palang merah. Kemudian pemain melompat-lompat dengan satu kaki (engklek) pada kotak-kotak lain sampai kembali ke kotak pertama sambil mengambil kembali gacuk yang tadi telah dilemparkan di kotak pertama. Selanjutnya pemain tersebut melempar gacuk ke kotak yang kedua lalu melompat-lompat lagi seperti cara yang pertama dan seterusnya sampai gacuk dilemparkan pada kotak yang terakhir. Semakin besar angka kotak yang harus dilempari gacuk, maka semakin jauh pula gacuk harus dilemparkan. Apabila pemain tidak dapat melempar gacuk ke dalam kotak yang semestinya, maka permainannya dianggap mati dan kelompok lawan berkesempatan untuk bermain. Kelompok yang dapat menyelesaikan tugasnya melempar gacuk sampai kotak yang terakhir, maka kelompok inilah yang menang dan berhak digendong ke suatu tempat yang telah disepakati bersama. Dalam permainan engklek anak diajari untuk berlatih konsentrasi dan mengendalikan diri.
Ada beberapa istilah lain untuk permainan ini, ada yang menyebut permainan ini dengan teklek ada juga yang menyebutkan dengan ciplek gunung. Istilah untuk penyebutan nama permainan ini memang beragam tapi permainan yang dilakukan sama.
Kenapa dinamakan engklek? Karena permainan ini dilakukan dengan cara bertahap dan dengan cara melompat-lompat dari kotak satu ke kotak yang lain dengan menggunakan satu kaki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar